Nama:Eky Anindito
Kelas :1EB24
NPM :23214478
MATA KULIAH: PENGANTAR BISNIS
NAMA DOSEN:
SUGENG LESTARI
TUGAS : 7S
TANGGAL : 11 November 2014
UNIVERSITAS
GUNADARAMA
|
No : 007/SUGENG/UG-PB/SOFSKILL/XI/2014
To : Kelas 1 EB 23 dan 1 EB 24
Type : TUGAS
Dikerjakan dalam blog dan di link kan ke studentsite, batas akhir pembuatan : Selasa,
18 November 2014
TUGAS
Jawablah pertanyaan berikut
serta jelaskanlah
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)!
- Jelaskan Fungsi Manajerial dari MSDM!
- Jelaskan Fungsi Operasional dari MSDM!
- Untuk Tujuan apa perusahaan memberikan training atau pelatihan bagi
karyawan!
- Jelaskan faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi besarnya
kompensasi karyawan!
Ok Selamat mengerjakan..
Sukses untuk mahasiswaku semua!
Sumber materi:
Buku Pengantar Bisnis, Irma
Nilasari & Sri Wiludjeng, Penerbit: Graha Ilmu
BAB VII (Manajemen Sumber
Daya Manusia)
Jawaban:
- Manajemen sumber daya manusia
adalah suatu proses menangani berbagai masalah
pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. - Fungsi Manajemen
Sumber Daya Manusia Sebagai Fungsi Manajerial
Berikut ini fungsi
Manajemen sumber daya manusia seperti halnya fungsi manajemen umum, yaitu:
1. Perencanaan (Planning)
Semua orang memahami
bahwa perencanaan adalah bagian terpenting, dan oleh karena itu menyita waktu
banyak dalam proses manajemen. Untuk manajer sumber daya manusia, perencanaan
berarti penentuan program karyawan (sumber daya manusia) dalam rangka membantu
tercapainya sasaran atau tujuan organisasi itu. Dengan kata lain mengatur
orang-orang yang dapat menangani tugas-tugas yang dibebankan kepada
masing-masing orang dalam rangka mencapai tugas organisasi yang telah
direncanakan.
2. Pengorganisasian (Organizing)
Apabila serangkaian
kegiatan telah disusun dalam rangka mencapai tujuan organisasi, maka untuk
pelaksanaan atau implementasi kegiatan tersebut harus diorganisasikan.
Organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan secara efektif, oleh sebab itu
dalam fungsi organisasi harus terlihat pembagian tugas dan tanggung jawab
orang-orang atau karyawan yang akan melakukan kegiatan masing-masing.
3. Pengarahan (Directing)
Untuk melakukan
kegiatan yang telah direncanakan, dan agar kegiatan tersebut dapat berjalan
dengan efektif maka diperlukan adanya arahan (directing) dari manajer.
Dalam suatu organisasi yang besar biasanya pengarahan tidak mungkin dilakukan
oleh manajer itu sendiri, melainkan didelegasikan kepada orang lain yang diberi
wewenang untuk itu.
4. Pengendalian (Controlling)
Fungsi pengendalian
adalah untuk mengatur kegiatan, agar kegiatan-kegiatan organisasi itu
diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Di samping itu pengendalian
juga dimaksudkan untuk mencari jalan ke luar atau pemecahan apabila terjadi
hambatan pelaksanaan kegiatan.
3. Fungsi Operasional Manajemen Sumber Daya
Manusia
Fungsi operasional dalam Manajemen Sumber Daya Manusia
merupakan basic (dasar) pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam
pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Fungsi operasional tersebut terbagi 5
(lima), secara singkat sebagai berikut:
Fungsi Pengadaan
adalah proses penarikan ,seleksi,penempatan,orientasi,dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan. ( the right man in the right place).
adalah proses penarikan ,seleksi,penempatan,orientasi,dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan. ( the right man in the right place).
Fungsi Pengembangan
adalah proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
adalah proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
Fungsi Kompensasi
adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.
adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.
Fungsi Pengintegrasian
adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.Dimana Pengintegrasian adalah hal yang penting dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan.
adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan.Dimana Pengintegrasian adalah hal yang penting dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan.
Fungsi Pemeliharaan
adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja )
adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja )
4.-Meningkatkan pengetahuan para karyawan atas
budaya dan para pesaing luar,
-Membantu para karyawan yang mempunyai keahlian
untuk bekerja dengan teknologi baru,
-Membantu para karyawan untuk memahami bagaimana
bekerja secara efektif dalam tim untuk menghasilkan jasa dan produk yang
berkualitas,
-Memastikan bahwa budaya perusahaan menekankan pada
inovasi, kreativitas dan pembelajaran,
-Menjamin keselamatan dengan memberikan cara-cara
baru bagi para karyawan untuk -memberikan kontribusi bagi perusahaan pada saat
pekerjaan dan kepentingan mereka berubah atau pada saat keahlian mereka menjadi
absolut,
-Mempersiapkan para karyawan untuk dapat menerima
dan bekerja secara lebih efektif satu sama lainnya, terutama dengan kaum
minoritas dan para wanita.
5. Produktivitas
Kemampuan
untuk membayar
Kesediaan
untuk membayar
Penawaran
dan permintaan tenaga kerja
Organisasi karyawan
Peraturan
dan perundang-undangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar